STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN MATA PELAJARAN
SD NEGERI 81/VIII
WANAREJA
A. Pendidikan Agama Islam SD/MI
1.
Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam
Al-Qur’an,
mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2. Mengenal
dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah
sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3.
Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku
tercela
4. Mengenal
dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai
zakat serta mengetahui tata cara
pelaksanaan ibadah haji
5.
Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
menceritakan kisah tokoh orang-orang
tercela dalam kehidupan nabi
B. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
2. Memahami
dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3. Memahami
kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4. Memahami
hidup tertib dan gotong royong
5.
Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6.
Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam
kehidupan sehari-hari, sesuai dengan
nilai-nilai pancasila
7. Memahami
sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8. Memahami
makna keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan
kepatuhan terhadap undang-undang,
peraturan, kebiasaan, adat istiadat,
kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9. Memahami
dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10. Memahami
hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
C. Bahasa Indonesia SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan,
pengumuman, berita, deskripsi berbagai
peristiwa dan benda di sekitar, serta
karya sastra berbentuk dongeng, puisi,
cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2. Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur
sapa, percakapan sederhana,
wawancara, percakapan telepon, diskusi,
pidato, deskripsi peristiwa dan benda di
sekitar, memberi petunjuk, deklamasi,
cerita, pelaporan hasil pengamatan,
pemahaman isi buku dan berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk dongeng,
pantun, drama, dan puisi
3. Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa
petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk puisi,
dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan
drama
4. Menulis
Melakukan
berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk
karangan sederhana, petunjuk, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks pidato,
laporan, ringkasan, parafrase, serta
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk
cerita, puisi, dan pantun
D. Matematika SD/MI
1. Memahami
konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya,
serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
2. Memahami
bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
3. Memahami
konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut,
waktu, kecepatan, debit, serta
mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
4. Memahami
konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
5. Memahami
konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan
grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan
data, rerata hitung, modus, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
6. Memiliki
sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7. Memiliki
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
E. Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
1. Melakukan
pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil
pengamatannya secara lisan dan tertulis
2. Memahami
penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan
tumbuhan bagi manusia, upaya
pelestariannya, dan interaksi antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
3. Memahami
bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta
fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4. Memahami
beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan
wujud benda, dan kegunaannya
5. Memahami
berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6. Memahami
matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan
permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam
dengan kegiatan manusia
F. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
1. Memahami
identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
2.
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
tetangga, serta kerja sama di antara
keduanya
3. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
5. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku
bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6. Menghargai
peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7. Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia
Tenggara serta benua-benua
8. Mengenal
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga,
serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
9. Memahami
peranan Indonesia di era global
G. Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan
melalui gambar ilustrasi dengan tema benda
alam yang ada di daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui
pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah
liat yang ada di daerah setempat
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
dengan motif hias melalui gambar dekoratif
dan ilustrasi bertema hewan,
manusia dan kehidupannya serta motif hias
dengan teknik batik
4.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
dengan motif hias melalui gambar dekoratif
dan ilustrasi dengan tema bebas
5.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai
dengan potensi daerah setempat
Seni Musik
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan
dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah
dan wajib dengan iringan alat
musik sederhana daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis
dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu
wajib, daerah dan Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan
lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan
memainkan alat musik sederhana
daerah setempat
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
simbol dan keunikan gerak, busana, dan
perlengkapan tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
simbol dan keunikan gerak, busana, dan
perlengkapan tari Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik
Nusantara
Keterampilan
1.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik
konstruksi
2.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan
teknik meronce dan makrame
3.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan
berbagai bahan
4.
Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan
berbagai bahan
H. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan SD/MI
1.
Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana
serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti
kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2.
Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani
(SKJ), dan aerobik
3.
Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat,
serta senam lantai
4.
Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
5.
Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan
kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi
otot
6.
Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di
luar sekolah seperti perkemahan, piknik,
dan lain-lain
7. Memahami
budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan
lingkungan, mengenal makanan sehat,
mengenal berbagai penyakit dan
pencegahannya serta menghindarkan diri dari
narkoba
I. Bahasa Inggris SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami
instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan
secara lisan dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
2. Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional sangat sederhana dalam bentuk
instruksi dan informasi dalam
konteks kelas, sekolah, dan lingkungan
sekitar
3. Membaca
Membaca
nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks
fungsional pendek, dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana yang
disampaikan secara tertulis dalam konteks
kelas, sekolah, dan lingkungan
sekitar
4. Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana
dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
ok
ReplyDelete