STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN TAHUN 2016

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
SD NEGERI 81/VIII WANAREJA



A. Pendidikan Agama Islam SD/MI
1. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam
    Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah
    sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku
    tercela
4. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai
    zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
    menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

B. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2. Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3. Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4. Memahami hidup tertib dan gotong royong
5. Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6. Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam
    kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7. Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8. Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan
    kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat,
    kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9. Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10. Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri

C. Bahasa Indonesia SD/MI
1. Mendengarkan
    Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan,
    pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta
    karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2. Berbicara
    Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
    informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana,
    wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di
    sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan,
    pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng,
    pantun, drama, dan puisi
3. Membaca
    Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa
    petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi,
   dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama
4. Menulis
    Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran,
   perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat,
   pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta
   berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun

D. Matematika SD/MI
1. Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya,
    serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2. Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya,
    serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut,
    waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah
    kehidupan sehari-hari
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
    menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
5. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan
    grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta
    menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif

E. Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
1. Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil
    pengamatannya secara lisan dan tertulis
2. Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan
    tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk
    hidup dengan lingkungannya
3. Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta
    fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4. Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan
    wujud benda, dan kegunaannya
5. Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6. Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan
    permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia

F. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling
    menghormati dalam kemajemukan keluarga
2. Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
    tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
3. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
    lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
    lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
5. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku
    bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6. Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
    mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia
    Tenggara serta benua-benua
8. Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga,
    serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9. Memahami peranan Indonesia di era global

G. Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI

Seni Rupa
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan
    melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui
    pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
    dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan,
     manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
    dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
5. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
    melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat

Seni Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan
    dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat
     musik sederhana daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis
    dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan
    lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana
    daerah setempat

Seni Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
    simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
    simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik
    Nusantara

Keterampilan
1. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik
    konstruksi
2. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan
    teknik meronce dan makrame
3. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan
    berbagai bahan
4. Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan
    berbagai bahan

H. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1. Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana
    serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2. Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani
    (SKJ), dan aerobik
3. Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat,
    serta senam lantai
4. Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang
    terkandung di dalamnya
5. Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan
    kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6. Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di
    luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan lain-lain
7. Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan
    lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan
    pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba

I. Bahasa Inggris SD/MI
1. Mendengarkan
    Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan
    secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2. Berbicara
    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
    transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam
    konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3. Membaca
    Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks
    fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang
    disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan
    sekitar
4. Menulis
    Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana

    dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
Share on Google Plus

About Unknown

Terima Kasih Sudah berkunjung dihalaman resmi kami, semoga dapat membantu dalam memberikan informasi kepada kita semua
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: